Kondisi Umum Desa Pedawa

Administrator 21 Februari 2023 11:05:40 WITA

 KONDISI FISIK – GEOGRAFIS ( PROFIL DESA

1. Luas Wilayah

    Luas wilayah Desa  Pedawa 16.680,00 ha terdiri dari tanah sawah 1.100,00 ha , tanah kering / kebun 11.090,00 ha, wilayah pemukiman 1.760,00 ha dan yang lainnya 2.730 ha.

 

2. Letak dan Kondisi Geografis

Secara geografis Desa Pedawa terletak pada posisi 11500′5,389″BT – 11504′21,021″BT dan 8012′53,713″LS – 8015′4,514″LS, berada pada ketinggian ±  400 - 1051 mdpl di atas permukaan laut, dengan bentang wilayah pegunungan, terdiri atas 6 (enam) wilayah Banjar Dinas  yaitu:

a. Banjar Dinas Desa,

b. Banjar Dinas Munduk Waban,

c. Banjar Dinas Insakan,

d. Banjar Dinas Asah,

e. Banjar Dinas Bangkiang Sidem dan

f. Banjar Dinas Lambo.

 

 Terletak di sebelah selatan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali, dengan batas wilayah :

a. Sebelah Utara : Desa Tigawasa, Desa Cempaga dan Desa Selat.

b. Sebelah Selatan : Desa Gobleg, Desa Tirtasari dan Desa Kayuputih

c. Sebelah Timur : Desa Gobleg

d. Sebelah Barat: Desa Banyuseri, Desa Banjar

 

 3. Kesehatan Masyarakat :

Kondisi kesehatan masyarakat Desa Pedawa secara umum dalam kondisi yang relative baik. Angka kematian bayi dan ibu relatif kecil, dikarenakan kader Posyandu, bidan dan dokter serta tenaga kesehatan secara rutin setiap bulan melakukan kunjungan/ pengobatan dan selalu proaktif dan peduli terhadap masalah kesehatan warga. Hal tersebut juga ditunjang dengan Desa Pedawa yang merupakan salah satu desa yang dekat dengan ibu kota Kecamatan,  sehingga di Desa Pedawa didirikan Puskesmas Pembantu agar masyarakat dapat menggunakan akses kesehatan melalui Puskesmas, dan setiap bulan juga dilaksanakan pantauan kesehatan balita melalui Posyandu yang ada di Desa Pedawa.

4. Kesenian dan Kebudayaan

  1. Desa Pedawa juga mempunyai potensi dalam kegiatan kesenian yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Pedawa Jenis kesenian yang berkembangan dan menjadi asset Desa Pedawa, antara lain:  Sekaa Gong Ardi Winangun, Sekaa Gong Adat, Sekaa Joged Bumbung 2 Grup, Sekaa Santi Jagra Winangun, Sanggar Seni Puri Sri Devi, Sekaa Janger Insakan.
  2. Dalam upaya mengembangkan Adat dan Budaya Bali di Desa Pedawa juga didukung dengan dengan tersedianya sarana dan prasarana; seperti Pura Desa, Pura Penyarikan, Pura Telaga Waja, Pura Bingin, Pura Munduk Madeg, Pura Pecetian, Pura Kayan Desa/Mutering Taman, Pura Melayu, Pura Subak Abian Buana Sari, Pura Subak Abian Mayung, Pura Subak Uma Asah, Sanggah Dadia, Sanggah Ijasan dll.

 

Komentar atas Kondisi Umum Desa Pedawa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Lokasi Pedawa

tampilkan dalam peta lebih besar