Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali

Administrator 03 Maret 2023 10:26:30 WITA

Selasa, 28 Pebruari 2023 di Kantor Desa Pedawa dilaksanakan Acara Bulan Bahasa Bali. Acara ini sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 73 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023. Untuk Tahun 2023 tema Bulan Bahasa Bali adalah Campuhan Urip Sarwa Prani. Acara dihadiri oleh Bapak Camat Banjar, Bapak Perbekel beserta Perangkat, Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM beserta pengurus, Ketua PHDI beserta pengurus, Ketua TP PKK beserta pengurus, Ketua BUM Desa beserta pengurus, Ketua Pokdarwis beserta pengurus, Kelian Dadia, Satlinmas, Kepala Sekolah TKN, SDN 2, SDN 3, SDN 4 beserta guru dan staf, Penyuluh Bahsa Bali, Pendamping Desa dan Masyarakat Desa Pedawa. Untuk Pembawa Acara Ibu Wayan Eropensi.

Acara dimulai dengan pembukaan Tari Puspanjali oleh Komang dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Doa. Selanjutnya Laporan Ketua Panitia (Made Putra). Setelah itu Sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Perbekel Pedawa Bapak Putu Mardika, S.H yang menyampaikan bahwa acara bulan bahasa bali tahun ini dananya sangat minim dan tahun depan akan dianggarkan lebih besar lagi dan lomba-lomba akan lebih banyak lagi. Sambutan kedua dari Camat Banjar, Bapak I Made Mardika, S.E yang menyampaikan apresiasi acara ini dan sangat mendukung apa yang telah disampaikan oleh Bapak Perbekel. 

Acara selanjutnya adalah Lomba-lomba yaitu Lomba Nyurat Aksara Bali dan Lomba Ngwacen Aksara Bali tingkat SD. Adapun peserta yang ikut lomba adalah untuk Lomba Nyurat Aksara Bali yaitu Kadek Athalia Purnama Dewi, Putu Raina Damayanti, Putu Dian Sasmita dari SDN 3 Pedawa, Ni Komang Cinta Reza Putri, Ni Komang Satya Wahyuni, Putu Doni Candra Wardana dari SDN 2 Pedawa dan Kadek Devi Kusuma Dewi, Ketut Devi Sri Apriliyani dari SDN 4 Pedawa. Sedangkan untuk lomba Ngwacen Aksara Bali pesertanya adalah Ni Komang Puspa Astiti Bakti, I Gede Agus Yudita Eka Saputra,Ni Kadek Pinariani dari SDN 3 Pedawa dan Putu Eka Pratama, Putu Candra Pratama dari SDN 4 Pedawa. Untuk Juri kedua lomba tersebut adalah Bapak Made Widnya, Bapak Wayan Sujana dan Bapak I Gede Widiantara. 

Selanjutnya Pengumuman pemenang lomba, untuk lomba nyurat aksara bali pemenangnya adalah Ketut Devi Sri Apriliyani sebagai Juara I, Putu Dian Sasmita sebagai juara II dan Kadek Devi Kusuma Dewi sebagai juara III. Untuk Lomba Ngwacen aksara bali pemenangnya adalah Putu Eka Pratama sebagai juara I, Ni Kadek Pinariani sebagai juara II dan Putu Candra Pratama sebagai juara III. Baik yang dapat juara maupun yang tidak mendapat piagam dan hadiah.

Komentar atas Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Lokasi Pedawa

tampilkan dalam peta lebih besar